Call Us by Phone : +6261-8367438    

Page

Tia Wakili Pemuda Indonesia Hadiri Training Pendidikan Perdamaian di Paraguay

Mutiara Tria Ningsih atau yang akrab disapa Tia, yang kesehariannya aktif di Yayasan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP), mewakili pemuda Indonesia menghadiri kegiatan bertajuk Training on Peace Education (Pelatihan Pendidikan Perdamaian) yang bertempat di Asuncion, Paraguay. 

Kegiatan yang diprakarsai oleh Internasional Falcon Movement (IFM)—sebuah organisasi gerakan pemuda internasional—ini berlangsung pada tanggal 18-25 Agustus 2019.

Selain dari Indonesia, kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota IFM dari negara-negara lain, yakni: Filipina, Kamerun, Peru, dan Paraguay sendiri.

“Dalam training ini kami saling berbagi pengalaman tentang implementasi pendidikan perdamaian di negara masing-masing, bagaimana mereka bisa menerapkan pendidikan tanpa kekerasan, menghormati identitas, dan bagaimana tentang konflik dan resolusinya,” ujar Tia.

Tia juga menyatakan bahwa di masyarakat kita kekerasan dan konflik masih sering terjadi, entah berlatar belakang suku, ras, agama, atau pun pilihan politik (ideologi). Terlebih untuk kasus Indonesia, yang warganya terdiri berbagai macam latar suku, ras, agama, dan pandangan politik.

“Kita memang berbhineka tunggal ika, tapi gesekan-gesekan akibat beda suku, ras, pilihan politik, masih sering terjadi,” ungkap Tia

Untuk itu menurut Tia, pemuda harus mengambil peran strategis untuk mengantisipasi dan mengurai konflik dan kekerasan yang terjadi melalui pendidikan perdamaian.

“Di sini kami saling belajar dari pengalaman kawan-kawan dari negara lain, bagaimana menghadapi konflik di negaranya. Saya berharap ini jadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi saya dan bisa dilakukan ditularkan setelah kembali ke Indonesia nanti,” pungkas Tia. (T/J)

 

 

Share it on

Change Their World. Change Yours. This changes everything.